Cari Artikel

Senin, Januari 07, 2008

Tragedi "Pelajar" dan Persib-PSIS

Gw punya pengalaman seru nih yg ga mungkin dilupain. Ini terjadi minggu, 19 agustus 2007. Banyak hikmah dari pengalaman ini. Baca yah, jgn lupa isi komen…

Jam salapan gw ama adikku, ghozi ke rumah nenekku di riung. Katanya sih saudaraku, si iam mau ke Unpad pake mobil, ga tau jalan cenah. Trus si ghozi malah ikut-ikutan katanya sih mau beli ikan.Di Riung, setelah makan baso, aku Irham dan ghozi pun berangkat. Ke jatinangor gitu. Naik mobil cerianya Irham.

Di jatinangor, parkir mobil di pertanian. Abis itu langsung jalan ke pasar kagetnya Unpad. Jalan segala, aneh banget ya padahal kan enak naik mobil. Trus gw beli deh KPBS. Makan tahu gejrot tilu rebuan, and then beli jus kelapa "tua". si ghozi ga jadi beli ikan, katanya ikan badutnya gak ada.

Setelah itu kami bertiga pun pulang. Ga penting bgt ya, ke jatinangor jajan doank. Cape deh. Pas sampai di riung ada kejadian unik dan aneh. Saat irham mau masukin mobil, mobil pa budaartono (nama disamarkan) kan ditaruh di tengah jalan, ngalangan jalan gitu, emang jalan punya mbahmu! tRus si ghozi dari belakang muncul, malah ngelakson keras lagi, dua kali lagi. Trus saat si ghozi kabur, dasar nih malah kabur. Si pa sugianto nyamperin gitu deh si irham ama gw yg masih di depan mobil. Sambil marah-marah gitu. Dia ngomong gini nih:

Pa budartono : "Hei kamu pelajar kan? Sopan dikit ya, jangan klakson."
gw dan irham: "Bukan aku yg ngelakson, itu tuh orangnya di belakang." (sambil nunjuk si ghozi yg di belakang)
pa budartono : "Siapa pun yang ngelakson. Pokoknya saya ga mau tau." pergi aja tuh orang tua

Duh elah cape deh! Gitu aja ngambek ya. Sendirinya tuh naro mObil kok di tengah jalan. Harusnya aku bales ngomong gini yah: "kAMu orang tua kan? Yang bener yah, naro mobil kok di tengah jalan." Namun berhubung aku masih pingin hidup lebih lama ya aku ga ngomong gitu dong. Oh iya sekarang tiap kali lewat rumahnya jadi sering bisik-bisik, “awas pak pelajar..” Hehehe…

Nah rencananya tuh gw ama irham kan mau nonton persib lawan PSIS jam 7 malem. Tapi masih lama kan. Jadinya ke uber aja dulu. Si irham naik motor ama si ghozi. Gw sendiri, jomblo ey. Motornya tuh kilometernya ga jalan jadinya diserpis dulu di bengkel deket Riung. Harganya Rp 20ribu gitu.Di uber si irham dan ghozi lagi pada nyanyi, karaokean. Nyanyi ga jelas gitu deh.

Ceritanya cuma sampai sini? Belum, masih to be continued nih…




Persib memang kalah, tapi (ternyata) aku menang

Akhirnya jam menunjukkan pukul 17.00. Udah saatnya berangkat, nonton Persib di Siliwangi. Berjuta harapan pun ada dalam pundakku, menginginkan kemenangan Sang Maung Bandung...
Di siliwangi ada calo yg ngejual tiket samping utara. dijualnya 50 rebu ey, harga aslina mah pan tilu lima. Tapi teu nanaon lah, demi Persib.

Sebelum nonton kan ke mess Persib dulu. Bus persibna masih aya, berarti pemainnya masih di dalam. Gw ama irham jajan dulu baso tahu, untuk mengganjal perut.Sebelum nonton shalat maghrib dulu donk di al-kautsar. Shalat kan nomor dua, nomor satu syahadat. Nyimpen motornya di al-kautsar aja. Aman kok, dan yg terpenting GRAATIISS. Dan ada fenomena menarik saat aku shalat. Tak tampak ada bobotoh yang shalat. Apakah panggilan persib lebih penting bagi mereka dibandingkan panggilan Allah..? Tapi never mind, bagi orang yang tanggap sepertiku (ceilah), fenomena ini justru menghadirkan ide untuk membuat sebuah tulisan. Kelak, judul tulisannya adalah, “Nonton Bola Jangan Lupakan Shalat!”. Bukannya mau nyombong yah, tulisan ini dimuat lho di Media Indonesia, Sabtu 22 September 2007.

Setelah shalat gw dan irham segera bergegas ke siliwangi. Bisi kaburu pinuh. Dan bener aja, stadion geus pinuh. Keren ...cool ...coolehe. Untung aja gw dan irham bisa duduk. Ngeunah pisan ey, nontonnya jelas. Ga kaya di timur pasedek-sedek.

Babak pertama persib nyerang abiss PSIS. Tapi tetep 0-0 aja ey. Oh iya ada bule lho 4-an nonton ama cewek Indonesia satu. Bulenya ngerekam pertandingan ama moto-moto. Tukang dagang juga dipoto ey. Trus pas si bulenya berdiri ada yg nyeletuk, "Hei bule gila. Mister mister, sit down, seat belt, please!" Ya parah banget ya.

Babak kedua. Wasitna teu baleg ey. Orang jakarta, gampang dipengaruhi gitu. Misal pas si barkawi, kan bolanya tuh belum out. Trus ada pemain PSIS yg angkat tangan. Langsung dibilang out. Parah pisan tuh wasit. Kok malah takut ama pemain, inkonsisten banget gitu lhhooo..!! Pada kesel pan bobotoh. Langsung deh pada ngelempar botol. Gw juga ikut ngelempar botol. Kapan lagi coba bisa ngelempar botol gitu. Untung cuma ngelempar botol ey, sandal ga dilempar. HP, kunci, motor, ama kamera ga dilempar. Masih mending ah.

Saat persib lagi getol nyerang menit 87 gitu, khusnul yuli membobol gawang persib. Keliatan banget ya, ga ada Nyeck Nyobe lini belakang Persib rapuh pisan. Chitescu mainnya lumayan sih keren, cuma bekna parah abizz.

Wasit teu baleg eta akhirnya meniup peluit panjang. Persib eleh ey di kandang sorangan. Cape deh... Kenapa tiap main malam di siliwangi hasilnya ga pernah maksimal. lawan PSMS 0-0, persijap3-4 pen, dan sekarang PSIS 0-1. Bisa dikirim ke SOCCER nih. Dan tulisan ini ternyata dimuat, dua kali pula. Di Soccer, No 10/VII, 8 september 2007 dan di Persib Magz Oktober 2007. Keren abis kan, gak akan nyesel deh wanita yg jadi istriku kelak.

Yg jelas gw bete abizz. Udah beli tiket 50 ribu kalah lagi. Saat pertandingan usai bobotoh pada berteriak, "Balikin Nyeck Nyobe, balikin Nyeck Nyobe" Iya nih manajemennya tolol, blunder nih masa si Nyeck dibuang coba. Tiga pertandingan, kebobolan tiga dan hanya mencetak satu gol. Inikah tim yg menjadi juara paruh musim itu???

Dgn langkah gontai tak terarah ...( kok kaya lagu Iwan Fals) gw pun pulang. Tapi dasar bobotoh udah mah euleh tetep we pawai, klakson-klaksonan. Tapi mending lah ga ada yg anarkis ga kaya The Jak, wong deso banget.Prah bgt lagi. Ada yg duduk ngadep belakang, bonceng berdiri. Kalo persib menang sih gw juga mau gitu, tapi ini kalah ...

Ya udah gw susul aja tuh semua bobotoh yg jalanna ngerayap.Ketika semua bobotoh sudah tersusul, jalannya ngeunah pisan ey. Kosong melompong gitu deh bisa ngebut. Bobotoh aja nih yg bikin macet. Inget ini jam 10 malem man!! Akhirna mah sampai juga ey di uber, dengan berjuta rasa kecewa. Ayo atuh sing baleg atuh Mr Arcan. jANgan mengecewakan bobotoh yg setia mendukungmu!!!!!!

Pesan moral: Ternyata selalu ada hikmah dalam setiap kejadian. Setelah kena marah, “pak pelajar” dan persib kalah pula, aku justru jadi pemenang. Tulisanku dimuat tiga kali, sekali lagi tiga kali man… gara-gara kejadian di hari ini…





1 komentar:

ghozi mengatakan...

aluslah blogna
eniwei liat gera nu urang di sini
baidewei tag teh bisa ditaro kok pas mau posting

Poskan Komentar

silakan komentarnya..
kalo gak punya blog, pilihnya name/url.. urlnya kosongin aja.. okey.. thx a lot