Cari Artikel

Rabu, Agustus 13, 2008

Teknologi Komunikasi

From: Triharyo
Subject: [itb77] Sharing - Senjata ICT andalan dan "gratisan" yang saya pakai sehari-hari
To: itb77@bhaktiganesha.or.id
Date: Wednesday, July 30, 2008, 11:33 PM

Ada opini yang berpendapat bahwa John Mc Cain tidak cocok jadi Presiden Amerika karena dia “gaptek” (gagap teknologi). Karena saat ini, ia tidak pernah baca e-mail apalagi kirim sms. Tidak usah menjadi presiden Amerika, saya sendiri rasanya semakin sulit untuk melepaskan diri dari berbagai peralatan elektronik untuk berkomunikasi serta mengakumulasi informasi di zaman seperti sekarang ini.

Berikut ini beberapa peralatan yang saya pakai, beserta software-software gratisan yang jadi langganan saya. Mudah-mudahan bermanfaat dan juga memberikan ilustrasi bagaimana seorang pimpinan perusahaan harus ”connected” di era informasi seperti sekarang ini.

Computer – saya memakai Hewlet Packard di kantor dan di rumah. Di rumah, komputer saya tersambung ke internet melalui cable modem yang dipasok oleh First media (dulu Kabelvision). Saya juga pasang Wifi router dari cable modem tersebut untuk menjangkau seluruh rumah. Instalasi murah ini, ternyata sangat efektif untuk menyambung Laptop ataupun Handphone saya ke internet, dimanapun saya berada di dalam rumah. Software-software dan fasilitas gratis yang ada pada desktop computer saya adalah :

  1. Google news – saya memanfaatkan fasilitas “personalized this page” dengan mengisi kata-kata atau hal-hal yang ingin selalu saya ikuti. Saya memasukan - Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Sofyan Djalil, Biofuel Indonesia, Geothermal Indonesia, Natural gas Indonesia, Oil refinery Indonesia, Petrochemical Indonesia, dan Rekayasa Industri. Jadi bila ada berita terbaru dengan kata-kata tersebut, langsung ditayangkan di homepage Google news milik saya. Tentunya saya harus meregister dulu menjadi member Google, untuk memakai fasilitas ini secara gratis.
  2. Skype – saya memanfaatkan software ini untuk menelpon kemana saja di dunia secara gratis. Saya sering komunikasi langsung ke rekan sekerja di seluruh lokasi-lokasi proyek pakai Skype. Kalau suara kurang bagus karena sambungan internet jelek, saya langsung chatting saja.
  3. Firefox browser – saya memakai browser ini karena lebih cepat dari internet explorer dan mempunyai banyak fasilitas add-on. Saya sangat suka dengan ”Bookmark yang tersinkronisasi” ke internet. Jadi di komputer manapun saya berada, bookmark saya selalu ikut dan ”ready”. Bookmark saya berisi link-link yang sangat banyak. Bookmark ini berisi seluruh link seperti majalah berita internasional (Newsweek, Times, Economist,US news etc), majalah business (Fortunes, Forbes, Harvard Business Review, Business week etc), semua koran Indonesia, semua majalah Indonesia, semua majalah teknis, semua koran Asia, semua link untuk majalah PC, semua referensi dll.
  4. Google desktop – saya memakai software ini untuk mencari file atau tulisan dari ribuan files di dalam komputer saya
  5. Untuk menjaga komputer terhadap serbuan virus dan spyware, saya memakai fasilitas gratis dari Google yaitu Norton security scan, dan Spyware doctor. Selain itu juga saya pasang Advanced Windows care professional untuk tingkatkan kinerja komputer. Semuanya gratis.
  6. Winpatrol – Saya pasang ini untuk menjaga software aneh masuk, yang tiba-tiba bisa mengambil alih dan merubah internet browser ataupun start-up komputer saya, tanpa sepengetahuan dan seizin saya.
  7. Ccleaner – kependekan dari “Crap cleaner”. Pokoknya sekali pencet semua file-file jelek di komputer saya dibersihkan.
  8. Thunderbird – Saya memakai Microsoft outlook untuk mendownload e-mail2 saya dari berbagai account. Tapi saya juga memakai Thunderbird untuk mendownload e-mail2 saya yang dari Gmail, karena seluruh e-mail kantor, saya forward ke Gmail sebagai storage tambahan.

Laptop EeePC – selain desktop PC di kantor dan di rumah, saya memakai laptop murah (Rp 3,5 juta yang 4GB saja) dengan merk Asus eeePC. “This is a Small, Cheap and powerfull PC”. Saya terpaksa install Windows dengan Microsoft Office dan meninggalkan original Linux yang ada, karena untuk kepraktisan dan kecepatan bekerja saja. Sebenarnya saya mulai menyukai Linux yang ada di komputer tersebut. Software gratisan yang ada di desktop, saya juga install di Laptop saya. Karena saya memasang jaringan nir-kabel (Wifi) di rumah, maka Laptop sering saya gunakan untuk membaca puluhan majalah dan koran melalui internet secara gratis dimanapun saya berada, misalnya sambil duduk santai menonton televisi.

Handphone XDA O2

Selain digunakan untuk menelpon dan berkomunikasi melalui sms, saya menggunakan handphone saya untuk mendownload e-mail, membaca berita-berita melalui software Mobile RSS (Really Simple Syndication) yang tersedia gratis di Windows mobile. Dengan software tersebut saya bisa menarik berita dari berbagai feed seperti feed RSS Media indonesia, feed RSS dari Kompas, BBC Indonesia, Strait news Asia, Detik.com dll. Kalau ingin cari Feed RSS yang anda minati, silahkan cari menggunakan Feedshow. Jadi setiap pagi di mobil sambil menunggu jalan macet, selain membaca dan menjawab sms, saya selalu men-sync seluruh feed RSS di HP saya dan menerima ratusan berita pendek dari banyak koran. Saya baca secara scanning seperti baca headlines koran, dan ”men-drill down” bila ada berita yang penting atau menarik.

Ipod Nano

Tadinya saya kurang tertarik membeli Ipod karena saya fikir hanya untuk mendengarkan lagu. Tapi ternyata Ipod sangat praktis untuk mendengarkan Podcast. Saya tidak menyangka betapa menariknya fasilitas Podcast ini. Bagi yang belum tahu, Podcast adalah rekaman dari pidato atau pelajaran yang diberikan oleh para pimpinan-pimpinan perusahaan di seluruh dunia. Favorit saya adalah mendengarkan Podcast dari Jack Welch dan juga Harvard Business Review Ideacast (HBR Ideacast). Semuanya saya download melalui Itunes. Selain itu saya juga mendownload Podcast untuk pelajaran-pelajaran dari MIT. Saat ini, Ipod saya sudah berisi ratusan Podcast yang sering saya dengarkan disaat senggang untuk belajar hal-hal yang baru. Sehingga kantong celana kiri saya sekarang berisi Ipod. Ipod tersebut juga bisa diisi dengan Audiobook.Tapi saya terus terang belum memanfaatkannya.



1. Konsep-konsep Teknologi Komunikasi

Ada beberapa konsep penting dalam teknologi komunikasi. Sebagai contoh, tentunya kita tak pernah lepas dari informasi. Informasi adalah hasil pemprosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Namun demikian istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental. (id.wikipedia.org).

Informasi dapat melahirkan teknologi informasi. Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. (id.wikipedia.org)

Perkembangan teknologi yang sangat cepat disebabkan oleh arus globalisasi. Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi bias. (id.wikipedia.org)

Salah satu perkembangan teknologi komunikasi adalah adanya serat optik. Serat optik adalah kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Cahaya yang ada di dalam serat optik sulit keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi. Serat optik umumnya digunakan dalam sistem telekomunikasi serta dalam pencahayaan, sensor, dan optik pencitraan. (id.wikipedia.org)

Saat ini ada banyak teknologi jaringan seperti WiMAX dan Wi-Fi. WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh.

Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

Saat ini kita tentunya tak pernah lepas dari internet. Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan 'inter-network') ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Saat menggunakan internet kita sering melihat kata WWW. World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya

Internet Research Task Force disingkat menjadi IRTF (bahasa Indonesia: Gugus Kerja Jaringan Riset Internet) adalah sebuah organisasi yang terdiri atas beberapa kelompok penelitian (riset) yang memfokuskan diri untuk membangun standar protokol-protokol Internet, arsitektur Internet, aplikasi Internet, dan juga teknologi Internet. IRTF dibawahi oleh Internet Architecture Board (IAB) dan mencakup beberapa kelompok riset.

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

.2. Pengertian Teknologi Komunikasi

Beberapa pengertian teknologi komunikasi:

P Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh, termasuk dalam kategori ini adalah telepon, radio, dan televisi.

P Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antarmedia. (http://man2cms.blogspot.com)

P Teknologi komunikasi adalah penemuan alat komunikasi untuk memudahkan manusia berkomunikasi yang wujudnya dapat berupa perangkat keras seperti telepon dan perangkat kabel untuk menghantarkan pesan, juga seperti gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mengirim telegram. Teknologi komunikasi digunakan untuk semakin menyempurnakan pengolahan dan penyampaian informasi. (http://takmaudimadu.blogdrive.com/)

P Teknologi Komunikasi adalah seperangkat keras, struktur-struktur organisasional dan nilai-nilai sosial yang memungkinkan individu atau khalayak mengumpulkan, memproses dan saling mempertukarkan informasi dengan individu atau khalayak lain. (http://mia-miambos11.blogspot.com/)

P Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan alat bantu yang memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya.

(http://linux.or.id/blog/8546?page=1)

P Teknologi Komunikasi merupakan wujud hasil ciptaan dan temuan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan untuk berhubungan satu sama lain dengan cepat, jelas, dan menjangkau. (Indonesia Memiliki satelit Komunikasi Palapa tahun 1976).

(www.umm.ac.id)

P Menurut Rogers (1986), Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, mengolah, dan saling bertukar informasi dengan individu lain. (www.umm.ac.id)

P Teknologi komunikasi adalah saluran dan alat yang harus dipergunakan untuk memberi faedah dan kebaikan bagi mengurang dan seterusnya menghapuskan sesuatu konflik.

(http://berita.perak.gov.my/Mei02/muka4.htm)


1 komentar:

tito mengatakan...

bagus gan infotmasi nya semoga berguna buat yang baca

Posting Komentar

silakan komentarnya..
kalo gak punya blog, pilihnya name/url.. urlnya kosongin aja.. okey.. thx a lot