Cari Artikel

Rabu, Agustus 13, 2008

Analisis Media

1. Radio

Radio merupakan salah satu jenis media massa yang bersifat auditif (suara), selintas (tak bisa diulang) dan anti details (susah diingat). Walaupun saat ini ada beragam jenis media massa, masih banyak masyarakat yang menikmati radio. Radio memiliki sifat-sifat yang khas yang membedakannya dengan media massa lainnya. Dengan sifatnya itu bisa menjadi kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan radio di antaranya:

P Kemampuan mengembangkan imajinasi. Dengan sifatnya yang auditif tentunya melahirkan penggambaran yang berbeda-beda pada diri setiap pendengarnya.

P Kemampuan selektifitas dalam memilih program. Pendengar dapat memilih program yang disukai dengan mudah karena ada berbagai pilihan channel radio.

P Fleksibel, radio sebagai media sekunder bersifat companion (teman yang setia). Kita dapat mendengarkan radio di mana pun dan kapan pun tanpa mengganggu aktivitas. Misalkan kita bisa mencuci mobil sambil mendengarkan radio RRI yang menyiarkan langsung pertandingan Persib Bandung.

P Personal: kontak pribadi yang hangat akrab, dan penuh keterbukaan.

P Illiteracy: untuk mendengarkan radio tak perlu kemampuan membaca dan menulis. Karena itulah radio dapat dinikmati oleh siapa saja.

P Simultaneous: dapat diterima serempak/seketika di berbagai wilayah.

P Bisa didengarkan sambil lalu (santai), tidak memerlukan konsentrasi yang lebih karena sifatnya sebagai warm media.

P Memiliki daya tembus yang luar biasa.

Di samping kelebihan-kelebihan tersebut radio juga memiliki kekurangan, di antaranya:

= Radio hanya untuk didengar sehingga lemah dalam menyerap informasi.

= Mengandung gangguan semantik (bahasa atau announcing).

= Sebagai media elektronik, pesan yang disampaikan bersifat selintas (tidak dapat disimpan).

= Dibatasi oleh durasi (lama jam tayang) acara dan penayangan iklan.

= Pesan harus mudah dipahami khalayak, dengan hanya “sekali dengar”.

= Ada banyak noise (gangguan)

2. Televisi

Televisi merupakan salah satu jenis media massa elektronik yang bersifat audio visual, direct, dan dapat membentuk sikap. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Beragam tayangan dari mulai hiburan sampai ilmu pengetahuan ada dalam televisi. Adanya beragam channel televisi membuat masyarakat kita memiliki banyak pilihan untuk menyaksikan tayangan yang berkualitas. Beberapa kelebihan televisi di antaranya:

P Karena sifatnya yang audio visual, pemirsa dapat terbantu oleh kehadiran gambar. Oleh karena itu setiap orang pasti memiliki gambaran yang sama, tidak ada imajinasi yang berbeda.

P Dapat menyaksikan kejadian di tempat jauh tanpa harus pergi ke tempat tersebut. Hal ini dapat dinikmati dalam siaran langsung pertandingan olahraga atau konser musik. Kita tak perlu pergi ke Italia untuk menyaksikan pertandingan Juventus melawan Inter Milan. Cukup duduk santai di depan televisi, kita bisa menyaksikan pertandingan tersebut.

P Dapat menikmati beragam tayangan hiburan dengan gratis. Tak perlu pergi ke movie theater untuk menyaksikan film yang bermutu.

P Informasi yang disajikan bersifat up to date, kejadian yang baru terjadi dapat kita saksikan di televisi.

P Banyaknya channel dalam televisi membuat setiap orang dapat menyaksikan program favorit masing-masing.

Beberapa kekurangan televisi di antaranya:

= Dibatasi oleh durasi program dan panjangnya visualisasi.

= Tidak bisa didengarkan sambil lalu. Orang yang keranjingan televisi biasanya suka melupakan aktivitasnya, terutama shalat.

= Banyaknya tayangan yang mengandung unsur kekerasan, kriminalitas, dan seks tanpa disensor. Hal ini dapat berperangaruh buruk terutama bagi anak-anak dan remaja.

= Sebagai media elektronik, pesan yang disampaikan bersifat selintas (tidak dapat disimpan).

= Berita yang disampaikan kurang mendalam


3. Surat Kabar

Surat kabar adalah jenis media cetak yang bersifat periodisitas, universalitas, dan publisitas. Surat kabar berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa even politik, kriminalitas, olahraga, tajuk rencana, cuaca. Surat kabar juga biasa berisi kartun, TTS dan hiburan lainnya. Surat kabar merupakan media cetak yang memiliki beberapa keunggulan di antaranya:

P Pesan yang disampaikan dapat disimpan dan dibaca kapan pun.

P Pesan yang sulit dimengerti dapat dibaca ulang oleh pembacanya.

P Dapat dibaca/dinikmati tanpa mengganggu aktivitas, dapat menjadi sarana pelepas kejenuhan saat menunggu.

P Pembaca dapat memilih topik mana yang disukai dan membaca topik tersebut.

P Informasi yang ada bisa dikliping/dikoleksi untuk kepentingan tertentu.

P Dapat menerima informasi lebih detail dibandingkan radio dan televisi, karena bisa dibaca ulang. Pesan yang sudah disampaikan radio dan telivisi dapat diperjelas oleh surat kabar.

P Tidak ada durasi (lama jam tayang).

Beberapa kekurangan surat kabar di antaranya:

= Terbatasnya jumlah halaman dan panjang kolom.

= Terdapat semantik noise, bahasa yang rumit dan sulit dipahami.

= Perlu melek huruf dan konsentrasi untuk membaca surat kabar.

= Pesan yang disampaikan tidak serempak.

= Perbedaan kemampuan pembaca dalam menyerap isi pesan tertulis.

= Tulisan berita cetak harus berbagi dengan lahan iklan.

4. Internet

Selain ketiga media massa tersebut, ada satu lagi media massa baru yang dapat menyajikan informasi dengan cepat yaitu internet. Internet ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian, suatu sistem komputer umum yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Beberapa keunggulan internet di antaranya:

P Bisa mencari informasi dengan mudah dengan search-engine seperti google dan yahoo. Cukup masukkan kata kunci, maka dalam beberapa detik informasi yang dibutuhkan akan keluar. Tak perlu ensiklopedia dengan beribu halaman untuk mencari informasi dengan adanya internet.

P Informasi yang disajikan sangat cepat. Dalam beberapa detik saja, informasi dalam internet bisa berubah.

P Dengan adanya fasilitas email dan chatting, bisa menambah teman di seluruh pelosok dunia. Bahkan dengan adanya friendster di internet, kita bisa melihat profil teman lama, mencari teman baru, ataupun mencari calon suami/istri yang shalehah. Dengan adanya blog, kita bisa mendapat penghasilan lewat internet, juga bisa berbagi ilmu dan menambah teman.

P Bisa mendownload gambar, foto, film, file, games, ataupun musik dengan gratis.

P Sarana yang bagus untuk berdakwah. Di internet tulisan kita bisa langsung ditampilkan dan dibaca banyak orang dengan cepat. Contoh, tulisan saya yang berjudul “Nonton Persib, Jangan Lupakan Shalat!” di situs Persib dibaca 300 orang dalam seminggu. Mudah-mudahan saja bisa berpengaruh ya.

Beberapa kekurangan internet di antaranya:

= Diperlukan pemahaman dalam menggunakan teknologi internet, tidak semua orang bisa menggunakan internet.

= Segala jenis informasi bisa diakses di internet oleh siapa saja. Gambar-gambar dan video yang “syuur” bisa diperoleh dengan mudah. Hal ini bisa berpengaruh buruk bagi anak-anak dan remaja.

= Bisa memunculkan “kejahatan” plagiatisme. Informasi di internet yang bisa di-copy-paste sering dimanfaatkan oleh pelajar dalam mengerjakan tugas.

Ini tulisanku pas zaman SMP kelas 1

DUNIA DI TAHUN 3000

Dunia semakin lama semakin canggih saja, Tahun 2000 telah ada internet, komputer canggih. Bagaimana ya nanti tahun 3000 ?” pikir Anton pada suatu hari.

Tiba-tiba kamar Anton bukan seperti kamarnya lagi. Temboknya terbuat dari bahan yang aneh, atapnya juga, ruangannya seperti tidak terbatas. Temboknya transparan, bisa melihat luar rumah tanpa melihat melalui jendela. Alat-alatnyapun aneh-aneh sepert di film Doraemon. Anton melihat beberapa tombol, ada tombol yang bertuliskan “kalender” Anton menekannya, tiba-tiba ada sebuah Kalender, ia berada di tahun 3000.

Anton melihat keluar, dia melihat kendaraan yang aneh. Ada kendaraan seperti mobil yang terbang di darat bahkan di dalam tanah. Tidak ada polusi, orang-orang berjalan di trotoar yang bereskalator. Robot-robot berjalan dan bergerak seperti manusia. Ada robot yang menjadi Satpam dan ada yang menjadi pembantu. Orang kuat seperti Batman dan Superman pun ada.

Di langit ada pesawat aneh yang hendak mendarat, rupanya pesawat luar angkasa. Mahluk luar angkasa itu ingin menyewa Hotel di bumi. Rupanya di tahun 3000 manusia telah bersahabat dengan mahluk luar angkasa.

Anton melihat video game ynag terlaris saat itu, ternyata ada Playstation 1000, gambarnya benar-benar seperti asli dan kita dapat mema inkan beberapa permainan sekaligus, misalnya tokoh-tokoh Smackdown bermain bola di Winning Eleven 3000, sticknya tidak hanya bergetar, jika pemain kita dipukul, kita merasa seperti dipukul betulan. Jadi kita benar-benar merasa berada di dalam permainan itu.

Sekolah disana tidak membutuhkan guru, murid-murid tinggal duduk di depan Komputer yang bisa berbicara dan pelajaran hari itu muncul, “wah aneh ieu mah…. Asa kakara nyaho” kata anton.

“Wah coba dunia seperti ini” pikir anton. Anton segera menghampiri seseorang untuk menanyakan bagaimana cara membuat benda-benda aneh disana, sebelum bertanya tiba-tiba “gubrak” Anton terjatuh dari kursinya, “oh Cuma mimpi, Saya harus lebih giat belajar untuk menemukan benda-benda aneh itu “ pikir anton.

2 komentar:

ayu hye sun mengatakan...

thanx banget udah memberikan informasi seperti diatas tugas q jadi lebi mudah thx a lot .........

aras hinata mengatakan...

makasih atas informasinya saya jadi basa menambah pengetahuan saya.

Poskan Komentar

silakan komentarnya..
kalo gak punya blog, pilihnya name/url.. urlnya kosongin aja.. okey.. thx a lot