Cari Artikel

Minggu, Februari 17, 2008

Messi=Maradona?

Lambang sama dengan (=) identik dgn statistik, dan aku benci kata itu. Menodai nilaiku yg nyaris sempurna. Tapi kalo statistiknya messi=maradona.. ya beda lagi atuh. Ini mah salah satu tulisanku yg dimuat di Soccer.


Siapa pun pasti tahu Diego Maradona. Pebola legendaris asal Argentina itu terkenal dengan permainannya yang sangat memikat dan enak ditonton. Kisah hidupnya pun tak pernah lepas dari kontroversi. Sosok Maradona selalu dinanti lagi kemunculannya oleh seluruh penggemar sepakbola.

Saat ini Argentina memiliki banyak talenta. Namun, adakah sosok yang mewarisi bakat Diego Armando Maradona? Jika kita menuju ke daerah Catalan, Spanyol ada seorang pemain kelahiran 1987 yang permainannya sangat mirip dengan Maradona. Dialah Lionel Andres Messi, pemain muda sarat talenta yang bermain untuk Barcelona.

Semua insan sepakbola tentu ingat gol Diego Maradona ke gawang timnas Inggris di Piala Dunia 1986. Ia melewati lima pemain Inggris dari tengah lapangan sebelum menceploskan bola. Sebelumnya tak ada yang menyangka aksi sensasional itu dapat terulang kembali. Ya, Lionel Messi sanggup melakukan hal yang sama dengan Maradona saat Barcelona menghadapi Getafe di ajang Copa del Rey. Benar-benar luar biasa.

Tak cukup sampai di situ Lionel Messi kembali “meniru” Maradona. Saat Barcelona menghadapi Espanyol di jornada ke-37, Messi mencetak gol Tangan Tuhan. Gol kontroversial yang juga dibuat Maradona di Piala Dunia 1986. Dua aksi Maradona telah berhasil ditiru dengan sempurna oleh Messi.

Maradona dan Messi memiliki kemiripan lain. Mereka sama-sama memiliki tubuh yang mungil, namun skill yang luar biasa. Namun, Maradona mengakhiri kariernya dengan mencengangkan karena terlibat narkotika. Mudah-mudahan saja Messi tidak mengikuti Maradona untuk hal yang satu ini. Terlepas dari itu dunia telah menemukan Maradona baru yang bernama Lionel Messi.

(dimuat di Tabloid Soccer No 51/VII, 23 juni 2007)

Berpacu dengan waktu. Begitu kata dosenku pak sahala. Maka ketika menyaksikan Barcelona-Espanyol, munculah sebuah ide tentang gol Tangan Tuhan Messi. Ide jangan dipendam dong, tuliskan dan langsung kirimkan. Dimuat? Itu sudah pasti… Hahha, pengamat sepakbola Luzman Karami sudah beraksi, siap-siap menerima tulisan yg menggetarkan hati.. (??)

0 komentar:

Poskan Komentar

silakan komentarnya..
kalo gak punya blog, pilihnya name/url.. urlnya kosongin aja.. okey.. thx a lot