Cari Artikel

Rabu, Desember 03, 2008

Blog yang Rame Tapi Sepi

Saat melakukan blogging di pagi hari, aku menemukan iklan Adsense Camp di suatu blog. Dan di iklan itu terdapat LOMBA REVIEW. Ternyata LOMBA REVIEW tersebut diadakan oleh blog HADI HARTONO CENTER. Dan menyikapi suatu lomba, tentunya saya melihat hadiahnya terlebih dahulu. Hadiahnya.. wow Rp 500.000 lumayan juga nih. Apalagi untuk mahasiswa seperti saya.

Menurut saya om HADI cukup berani untuk mempromosikan blognya. Dia tak segan untuk mengeluarkan uang untuk mempromosikan blog. Seperti beriklan di Adsense Camp dan bahkan sudah diterima di Kumpulblogger. LOMBA REVIEW yang diadakan dalam memperingati ultahnya yang ke-39 juga menurut saya dalam rangka mempromosikan blog. Namun sayang, sepertinya kontes ini masih sepi peminat. Dapat dilihat dari komen tentang lomba ini hanya 5.Dalam bayangan saya seharusnya jika ada lomba besar-besaran sperti ini, komen minimal 20 orang, ada yang bertanya, dst.

Sangat berbeda dengan blog saya satu lagi yang Kumaha Anjeun (http://kumahaanjeun.blogspot.com). (saya menggunakan blog ini karena blog Kumaha Anjeun khusus untuk sepak bola). Di blog kumaha anjeun hampir semua posting terdapat komentar. Beberapa di antaranya malah terdapat lebih dari 10 komentar.

Page Ranking (PR) blog ini pun hanya PR 0. Dan total pengunjungnya baru mencapai sekitar 1000 orang (saat tulisan ini dibuat). Sungguh disayangkan mengingat tampilan blog ini cukup bagus, isinya menarik, dan modal yang dikeluarkan penulis blog untuk mempromosikan blog ini tidak sedikit.

Saat membuka blog ini memang terlihat segar tampilannya. Informasi yang disajikan pun bermacam-macam. Ada tentang TIPS BISNIS yang merupakan isi sebagian besar blog ini, lalu ada artikel tentang politik, tips ngeblog, dan dunia buku. Pengunjung blog ini juga dihibur oleh lagu Ungu "Syukur Alhamdulillah".

Seharusnya sebagai pebisnis sejati, om Hadi tahu prinsip ekonomi, "dengan modal yang sekecil-kecilnya daat meraih keuntungan yang sebesar-besarnya." Sayangnya menurut saya, om Hadi ini baru banyak keluar modal, hasilnya belum terlihat. Sangat berbeda dengan saya, saya tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk mempromosikan blog. Saya hanya melakukan blogwalking, tukeran link, promosi lewat friendster (di profil, bulletin, message, comment), website ICI (Inter Club Indonesia), dan juga promosi ke teman-teman saya. Hasilnya sekarang terlihat. Blog saya yang Kumaha Anjeun jauh lebih banyak pengunjungnya dibandingkan Hadi Hartono Center.

Menurut saya, om Hadi terlalu tergesa-gesa dalam membuat posting. Blognya terlalu cepat di-update. Kalo prinsip saya tuh, nunggu posting memiliki banyak komentar dulu, baru posting tulisan baru lagi. Karena biasanya para pembaca tuh hanya melihat tulisan yang paling atas, dan tidak membaca tulisan di bawahnya. Jika terlalu cepat diupdate biasanya tulisan di bawah tidak dibaca oleh para pengunjung.

Tulisan tentang kriteria LOMBA REVIEW pun terlalu banyak diulang-ulang. Masa sih sampai dibahas lima kali. Hal ini justu membuat para peserta tambah bingung, yang mana yang benar. Seharusnya kalo ada ralat cukup diedit saja tulisannya tak perlu ada posting baru. Atau jika ada yang bertanya langsung jawab saja pada yang bertanya.

Overall, blog ini sebenarnya sangat bagus. Namun sayang tidak diimbangi dengan jumlah pengunjung yang banyak. Semoga saja pengunjung blog ini semakin banyak, seiring dengan banyaknya modal yang sudah dikeluarkan oleh om HADI HARTONO.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya juga ikutan kontes ini. :) Salut dengan isinya reviewnya yang berani menampilkan kritikan, namun kritikan yang membangun.

Anonim mengatakan...

saya pikir itu mungkin cara terbaik mas hadi dalam berpromosi...hwheee..positive thinking aja deh :p

Anonim mengatakan...

lumayan juga hadiahnya,
btw loading blog-nya pak Hadi susah ga sih, dari t4q kok lama banget ya, kalo buka blog yg laen normal2 aja......

Anonim mengatakan...

Bersaing nih kita he...
Salam kenal dan salam Sukses

Anonim mengatakan...

ngintip kawan tanding ah....

Posting Komentar

silakan komentarnya..
kalo gak punya blog, pilihnya name/url.. urlnya kosongin aja.. okey.. thx a lot