Cari Artikel

Kamis, September 04, 2008

Dasar-dasar Penulisan

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan dalam Menulis

Ide à ide dapat muncul setelah sang penulis diterpa oleh berbagai berita atau pesan yang disiarkan oleh media massa. Ide juga bisa muncul setelah melihat iklan kontroversial di layar televisi, atau setelah membaca berita atau artikel atau tajuk rencana sebuah koran harian. Semua hal dapat dijadikan ide atau gagasan.

Sistematika à sebuah tulisan harus dipaparkan runtut (memiliki sistematika yang baik)

Bahasa à tulisan harus disajikan dengan bahasa yang baik, menggunakan bahasa baku

Gaya à gaya penyajian harus menarik (memikat pembaca) sehingga pembaca dapat menikmatinya dengan baik

Setiap tulisan terdiri dari tiga bagian besar:

  1. Pendahuluan à isinya secara singkat menjelaskan latar belakang masalah yang dibahas
  2. Isi à Memetakan masalah pokok yang dibahas, menganalisnya dan kalau bisa sang penulis juga memecahkan masalah yang dibahasnya
  3. Penutup à bisa berupa saran atau kesimpulan atas masalah yang dibahas

TEKNIK MENULIS

Banyak orang tidak biasa menulis dengan baik. Akibatnya “otot-otot” menulis kita jadi kaku dan sulit digerakkan.

Karena itu perlu dibentuk kebiasaan menulis dengan baik setiap hari, apapun itu. Walaupun hanya satu kalimat.

Biasakan menulis apapun yang terasa menarik: ide, pengalaman, opini, komentar, dsb.

JADI: Untuk menulis dengan baik konsentrasilah pada “apa” lalu “bagaimana”


Menulis = Printing + Editing

ISI lebih penting daripada GAYA


Cara Mengutip

WAJIB menyebutkan sumber referensi jika ada:

- Kalimat pernyataan (kalau tidak, pembaca menganggap itu pernyataan penulis)

- Kalimat data (pasti ada sumbernya)

- Kalimat kutipan langsung (persis aslinya)

- Kalimat berita/news (biasanya dari media)

- Menulis dengan cara meramu:

- Fokus pada Riset dan BAHAN

- Selalu tandai setiap data dan pernyataan dengan sumber referensi.

- Skill yang diperlukan: EDITING


Kunci Sukses Menulis

What –content

- Kaya dengan gagasan dengan cara MEMBACA

- Kaya dengan bahan

Strategi Kunci

- Tahu Pembaca (misal: usia, demografi, ekonomi)

- Tahu Media (rubrik apa dan karakternya)

- Kaya dengan bahan (misal: literature, liputan)

- Menguasai persoalan (pelajari sampai paham)


Membuat pengalaman pribadi

Jika menulis terasa sulit mungkin kita dapat memulainya dengan menulis pengalaman pribadi. Pengalaman yang sarat makna seperti dalam diary. Tak perlu menggunakan EYD dalam menulis pengalaman karena yang membaca adalah diri sendiri. Contoh pengalaman pribadi:

(diambil dari diaryku)

Setelah itu kami bertiga pun pulang. Ga penting bgt ya, ke jatinangor jajan doank. Cape deh. Pas sampai di riung ada kejadian unik dan aneh. Saat irham mau masukin mobil, mobil pa georgemeng (nama disamarkan) kan ditaruh di tengah jalan, ngalangan jalan gitu, emang jalan punya mbahmu! tRus si ghozi dari belakang muncul, malah ngelakson keras lagi, dua kali lagi. Trus saat si ghozi kabur, dasar nih malah kabur. Si pa georgemeng nyamperin gitu deh si irham ama gw yg masih di depan mobil. Sambil marah-marah gitu. Dia ngomong gini nih:Pa georgemeng : "Hei kamu pelajar kan? Sopan dikit ya, jangan klakson."

gw dan irham: "Bukan aku yg ngelakson, itu tuh orangnya di belakang." (sambil nunjuk si ghozi yg di belakang)

pa georgemeng : "Siapa pun yang ngelakson. Pokoknya saya ga mau tau." pergi aja tuh orang tua


Jenis-jenis Tulisan

Artikel opini merupakan tulisan yang bersifat menjelaskan, memberi konteks kepada publik, menganalisis, memberikan alternatif solusi dan memberi makna dari peristiwa yang berlangsung. Semua masyarakat umum dapat menulis opini dan mengirimkannya ke media massa.

Kolom merupakan rubrik yang hanya dapat diisi oleh wartawan atau orang-orang tertentu. Masyarakat umum, sebagus apa pun tulisannya tidak akan bisa dimuat di rubrik Kolom.

Surat Pembaca adalah ruang publik yang disediakan media untuk sumbang saran, kritik, komplain dan menyebar ide lainnya. Surat Pembaca adalah cara menulis tentang keresahan dan ketidakadilan, mengabarkan tentang kebaikan, mengontrol sistem sosial yang dirasa tidak benar, sampai menulis tentang informasi ringan tetapi penting bagi banyak orang. Surat Pembaca tidak saja berpengaruh terhadap untuk siapa surat itu “dikepadakan”, tetapi juga menujukan eksistensi penulis itu sendiri.

ini adalah surat pembacaku yang dimuat di SOCCER No 41/VII/Sabtu, 14 April 2007


Photobucket

(hehe.. sekalian mo narsis nih..)

Ini adalah artikel opiniku yang dimuat di Media Indonesia, Sabtu 22 September 2007


Photobucket

Feature (berita khas) merupakan salah satu jenis berita. Berbeda dengan straight news, tulisan feature adalah berita yang kreatif, kadang-kadang subyektif, yang terutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi informasi kepada pembaca tentang suatu kejadian, keadaan, atau aspek kehidupan. Tulisan feature tidak mengikuti aturan piramida terbalik dan tidak terlalu terikat aktualitas.

Iklan Advertorial adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu program tertentu dengan menawarkan beberapa keuntungan dan kelebihan program tersebut sehingga membuat pembaca tertarik.

Iklan Korporatorial adalah iklan yang bertujuan untuk mengenalkan suatu perusahaan dengan menunjukkan prestasi yang telah diraih dan membuat pembaca mengetahui dan mempunyai kepercayaan terhadap perusahaan tersebut. Menurut Kamus Inggris-Indonesia susunan John M. Echols dan Hassan Shadily corporate berarti yang berhubungan dengan badan hukum. Berbeda dengan Advertorial, iklan Korporatorial hanya mempromosikan perusahaan tidak mengenalkan program atau produk tertentu.

Resensi buku adalah tulisan yang menguraikan kelebihan dan kekurangan dari suatu buku dengan menguraikan hal-hal apa saja yang dibahas dalam buku tersebut.

Artikel ilmiah populer adalah artikel ilmiah yang menggunakan bahasa umum sehingga mudah dipahami oleh masyarakat awam. Artikel ini dapat dipahami oleh masyarakat umum karena disajikan dengan abstraksi rendah atau sedang.

Artikel ilmiah adalah artikel yang bersifat ilmu, memenuhi syarat (hukum) ilmu pengetahuan. Karena artikel ilmiah menggunakan abstraksi tinggi, artikel ini hanya dapat dipahami oleh komunitas ilmu pengetahuan yang bersangkutan.

Jangan Berhenti Menulis!

Yup, apa pun pekerjaan atau aktivitas Anda jangan pernah menghilangkan aktivitas menulis. Menulis sudah harus menjadi suatu kebutuhan. Ingat, tiada hari tanpa menulis!

Mengapa tulisan tak kunjung dimuat di media massa? Memang, dimuat di media massa tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Namun, apabila kita sudah tahu karakteristik media yang kita tuju, Insya Allah tidak akan sulit untuk dimuat. Sebagai contoh saya sudah berlangganan Tabloid Soccer sejak lama sehingga tahu apa keinginan redaktur media tersebut. Sudah tak asing kan dengan tulisan Luzman Karami di Tabloid Soccer? (Sepuluh kali dimuat euy… hehehe). Jika memang sulit menulis di media massa, anda bisa mengapresiasikan tulisan Anda di blog. Contohnya saya mengapresiasikan kecintaan saya pada persib dan Inter Milan di blog Kumaha Anjeun (http://kumahaanjeun.blogspot.com)

writing - the art of communicating thoughts to the mind – is the great invention in the world Great, very great, it enabling us to converse with the dead, the absent, and the unborn, at all distances of time and space, and great not only its direct benefits, but its great help to all other inventions”

Abraham Lincoln

4 komentar:

Kristina Dwi Astuty mengatakan...

Thanks untuk artikel yang kamu sajikan sungguh sangat membantu saya dalam menyajikan makalah yang saat ini saya buat, sebagai sumber referensi tambahan

3 Rahasia Merubah Pengeluaran Menjadi Penghasilan Dalam Satu Hari. mengatakan...

Selamat Siang Admin,terimakasih artikelnya semakin mempermudah saya dalam menulis.

sprei my love mengatakan...

Makasih Admin artikrlnya.menambah pengetahuan dalam menulis untuk saya.

iqbal mengatakan...

alhamdulillah

Poskan Komentar

silakan komentarnya..
kalo gak punya blog, pilihnya name/url.. urlnya kosongin aja.. okey.. thx a lot